Bukan hanya apa yang guru ucapkan di dalam kelas yang penting, tapi
Bagaimana cara guru mengucapkannya di dalam kelas juga penting, karena
hal tersebut akan dapat membuat perbedaan terhadap siswa. Pesan-pesan
nonverbal adalah suatu hal yang sangat esensial di dalam komunikasi
guru.
Guru harus memperhatikan tingkah laku nonverbal di dalam kelasnya karena beberapa alasan, di antaranya:
1. Perhatian/kehati-hatian akan perilaku nonverbal akan membuat guru pesan-pesannya dapat diterima oleh siswa dengan lebih baik.
2. Guru akan menjadi pengirim pesan yang lebih baik untuk memperkuat belajar sswa.
3. Penggunaan perilaku nonverbal dalam berkomunikasi di kelas meningkatkan kedekatan psikologis antara siswa dengan guru.
Beberapa hal pokok terkait perilaku nonverbal guru yang harus lebih dieksplorasi adalah:
1. Kontak pandang
2. Ekspresi wajah
3. Gesture (gerak tubuh)
4. Orientasi tubuh dan postur
5. Kedekatan
6. Paralinguistic
7. Humor
Kontak pandang adalah chanel penting pada sebuah komunikasi
interpersonal, membantu mengatur arah komunikasi. Dan, sinyal-sinyalnya
menarik bagi orang lain. Selain itu kontak pandang antara guru dengan
siswa akan lebih meningkatkan kredibilitas guru. Guru yang melakukan
kontak pandang dengan siswa telah membuka arah komunikasi dan
nenunjukkan minat, perhatian, kehangatan, dan kredibilitas.
Ekspresi wajah:
Senyum adalah isyarat yang dapat menghantarkan:
- Kebahagian
- Persahabatan
- Kehangatan
- Rasa suka
- Afiliasi
Sehingga jika seorang guru tersenyum lebih sering, maka guru akan
dianggap: penyuka (mudah menyukai), bersahabat, mudah menerima, dan
dapat didekati.
Gesture (gerak tubuh)
Bila guru tak dapat memberikan gesture sementara berbicara, guru dapat
saja dianggap membosankan, kaku, dan unanimated. Gaya mengajar yang
hidup dan animated akan menangkap perhatian siswa, membuat materi
pelajaran menjadi lebih menarik, memfasilitasi belajar dan menyediakan
cukup entertainment (hiburan). Anggukan kepala, adalah suatu bentuk
gesture , mengkomunikasikan penguatan positif (positif reinforcement)
pada siswa dan menunjukkan bahwa guru mendengarkan mereka.
Orientasi tubuh dan posturr
Guru mengkomunikasikan banyak pesan dengan cara berjalan,bicara,
berdiri, duduk. Berdiri tegak tetapi tidak kaku, dan bertumpu dengan
ringan pada meja guru, menunjukkan bahwa guru dapat didekati,
menunjukkan enerimaan, dan bersahabat. Lebih jauh, kedekatan
interpersonal antara guru dengan siswa akan tercipta saat kita berbicara
face-to-face (berhadapan) satu sama lain.
Bicara dengan memunggungi siswa, atau menatap lantai, harus dihindari.
Ini akan mengkomunikasikan ketidakmenarikan kelas anda (guru).
Kedekatan:
Norma-norma cultural (Budaya) dan agama memberikan acuan kedekatan jarak
antara guru dengan siswa saat berinteraksi. Guru harus dapa
mengenali/melihat tanda-tanda ketidaknyaman siwa karena guru telah
menginvasi (memasuki wilayah) nyaman siswa, seperti:
- Siswa menjadi tegang
- Leg swinging
- tapping
- gaze aversion
Paralinguistik, digolongkan oleh para ahli komunikasi sebagai bagian
dari komponen komunikasi nonverbal, ini trkait dengan elemen-elemen
vocal (suara) guru, seperti:
- tone
- pitch
- rhytim
- timbre
- loudness
- inflection
Untuk keefektifan maksimumpengajaran anda, belajar dan berlatihlah untuk
memvariasikan keenam elemen suara/vocal ini. Seringkali seorang guru
dianggapkan membosankan ceramahnya karena bersifat monoton. Siswa akan
menganggap guru semacam ini membosankan dan menyebalkan.
Siswa melaporkan bahwa mereka lebih cepat berkurang dan kehilangan
ketertarikannya pada pembelajaran saat mereka mendengar guru yang tidak
memodulasi suaranya.
Humor:
Humor seringkali dianggap berlebihan: sebagai alat mengajar guru. Tawa
akan melepaskan stress dan ketegangan baik bagi guru maupun siswa. Guru
harus berlatih mengembangkan kemampuan tertawa dan menstimulasi siswa
juga untuk melakukannya. Humor membantu membangun lingkungan kelas yang
besahabat yang dapat memfasilitasi belajar.
Sumber : http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2010/02/enam-cara-untuk-meningkatkan-kualitas.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar