Bagaimana Cara menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran?
Kegiatan guru saat merancang pembelajaran amatlah krusial. Salah satu
bagian dari kegiatan merancang pembelajaran ini adalah menentukan
pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apabila guru
memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang tidak tepat dapat
dipastikan bahwa pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Sementara
bila guru berhasil memilih dan menentukan pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran dengan baik, dapat diasumsikan bahwa
pembelajaran yang akan dilakukannya kemungkinan besar akan berjalan
efektif.
Nah, untuk menentukan atau memilih pendekatan, metode, strategi, dan
teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan
mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan tujuan pembelajaran.
Tidak semua pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran cocok
dengan tujuan yang ingin dicapai. Setiap pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran seringkali punya kompatibilitas tertentu dengan
tujuan pembelajaran tertentu. Taruh contoh mudah, bila tujuan
pembelajaran adalah: Siswa dapat merakit sebuah PC, maka metode ceramah
atau diskusi tidak akan dapat mencapai tujuan pembelajaran ini,
sebaliknya mungkin metode pembelajaran aktif akan berhasil.
Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan materi pembelajaran
Sudah barang tentu materi pembelajaran yang akan diberikan
kepada siswa sangat mempengaruhi pemilihan pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran. Ada materi-materi yang hanya cocok diberikan
melalui pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran tertentu
dan tidak cocok jika diberikan melalui pendekatan, metode, strategi, dan
teknik pembelajaran yang lainnya. Misalnya jika materi pembelajaran
berupa fakta maka ceramah dapat dipilih dan berfungsi dengan baik.
Sedangkan materi seperti pengetahuan prosedural seperti langkah-langkah
membuat kue donat cocok diberikan dengan pembelajaran langsung.
Ketersediaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
Beberapa pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran mungkin
sangat ideal untuk dipilih, tetapi sebelum benar-benar memilihnya, guru
kembali harus memperhatikan ketersedian media pembelajaran, alat, bahan,
dan sumber belajar. Apakah guru dapat melaksanakan suatu pendekatan,
metode, strategi, dan teknik pembelajaran bila alat, bahan, sumber, dan
media yang diperlukan tidak tersedia?
|
Bagaimana menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran? |
Dalam menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran
tertentu, seringkali guru juga harus memperhatikan tingkat kemampuan
siswa. Ada pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang
mudah untuk diterapkan pada berbagai kemampuan/jenjang
pendidikan/tingkat/kelas siswa. Tetapi adapula pendekatan, metode,
strategi, dan teknik pembelajaran yang sulit diterapkan pada siswa di
kemampuan/jenjang pendidikan/tingkat/kelas tertentu. Contohnya: di suatu
sekolah yang sering melakukan kegiatan laboratorium, metode inkuiri
atau penemuan terbimbing mungkin dapat dengan mudah dilaksanakan, tetapi
pada sekolah tertentu yang sama sekali tidak pernah melakukan kegiatan
di laboratorium dan berlatih keterampilan proses sains, maka metode
inkuiri dan penemuan terbimbing mungkin akan sulit dilaksanakan.
Setiap siswa mempunyai gaya belajar masing-masing yang mungkin berbeda
satu sama lain. Oleh karena itu guru harus mempertimbangkan hal ini agar
pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang dipilihnya
dapat mengakomodasi semua siswa dengan gaya belajar yang berbeda-beda.
Kadangkala waktu adalah faktor pembatas yang sangat penting dalam
pemilihan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang
akan digunakan. Beberapa pendekatan, metode, strategi, dan teknik
pembelajaran kadangkala dalam penerapannya memerlukan waktu yang banyak,
sementara pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang
lain hanya membutuhkan sedikit waktu.
Guru juga harus mempertimbangan bahwa ada jaminan variasi dalam
penggunaan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Hal
ini dimaksudkan agar siswa tidak bosan dan mengakomodasi berbagai gaya
belajar dan jenis kecerdasan yang dimiliki siswa.
Jaminan adanya interaksi antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa.
Interaksi antar anggota kelas, dalam hal ini antara guru dengan siswa,
siswa dengan guru, dan interaksi sesama siswa dalam pembelajaran sangat
mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Semakin banyak
interaksi yang terjadi, dan berlangsung dari berbagai arah, maka akan
semakin besar proses pembelajaran yang terjadi pada siswa. Guru
hendaknya mempertimbangkan aspek ini saat menentukan pendekatan, metode,
strategi, dan teknik pembelajaran yang akan digunakannya.
Selain itu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memilih dan
menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang
cocok untuk pembelajaran yang dilaksanakannya, ada baiknya guru rajin
untuk membaca berbagai literatur terkait berbagai pendekatan, metode,
strategi, dan teknik pembelajaran yang sedang berkembang dan banyak
digunakan dewasa ini.
Sumber : http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/07/menentukan-pendekatan-strategi-metode.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar