Kamis, 07 Maret 2013

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun 2012

Haris Nasution, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Stambuk 2009. Pada tahun 2012 yang lalu telah menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) dari Universitas Negeri Medan (UNIMED). Sebuah pengalaman dan tantangan baru bagi saya sebagai mahasiswa karena tiba juga matakuliah PPL dimana kami dari berbagai jurusan di UNIMED akan ditempatkan di suatu sekolah di daerah yang telah ditentukan dalam rangka untuk mempraktekan ilmu mendidik yang telah kami dapatkan selama 6 semester sebelumnya.

Saya ditempatkan untuk mengajar di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Di sekolah ini saya ditugaskan mengajar pelajaran Teknik Komputer Jaringan (TKJ) untuk kelas 1, Elektronika untuk kelas 2 TKJ, dan IPA untuk kelas 3 jurusan Administrasi perkantoran (AP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Pemasaran (PM), Akuntansi (AK) oleh Guru Pamong saya yang sangat ramah dan baik yaitu bapak Drs. Erman Junaidi.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan saat mengajar di SMK Negeri 1 Tanjung Pura, mulai dari dapat mengenal berbagai karakter siswa siswi, cara menguasai kelas, mengenal lingkungan sekolah khususnya dan Tanjung Pura umumnya, bertukar pikiran dengan guru-guru lainnya dan juga bertemu dengan teman-teman dari UNIMED yang berbeda jurusan.

Dengan diberi kepercayaan mengajarkan 3 mata pelajaran yang berbeda dengan banyak kelas membuat kemampuan mengajar saya dan pengalaman saya mengajar menjadi sangat tertempa dengan baik. Terimakasih saya ucapkan kepada Kepala sekolah beserta guru-guru SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang telah menerima mahasiswa/mahasiswi PPL UNIMED dengan sangat baik, terimakasih kepada Guru Pamong saya bapak Drs. Erman Junaidi yang telah memberi kepercayaan saya mengajar, terimakasih kapada pak Amin selaku satpam di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang telah baik, ramah dan teman ngobrol kami, terimakasih untuk Ibu dan Bapak yang berjualan di kantin atas sarapannya, dan terimakasih semua siswa/siswi saya kelas X TKJ 1, X TKJ 2, XI TKJ 1, XI TKJ 2, XI TKJ 3, XII TKJ 1, XII TKJ 2, XII AP, XII AK, dan XII PM atas sambutannya, antusiasnya, keriuhannya, keceriaannya dan pengalamannya mengajar sebagai guru kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...