Kamis, 14 Maret 2013

Rangkaian Lie Detector

Alat penjelasan bohong ( lie detector)
Diagram rangkaian dari Lie Detector ditampilkan di bawah. Ini terdiri dari tiga transistor (TR1 untuk TR3), sebuah (C1), dua kapasitor lampu atau LED (L1 & L2), lima resistor (R1 untuk R5), dan sebuah resistor variabel (VR1). Transistor Cocok untuk digunakan adalah BC547, BC548 atau BC549, atau transistor NPN kecil lainnya.
Sirkuit ini didasarkan pada kenyataan bahwa orang kulit berubah resistensi ketika mereka keringat (berkeringat karena mereka berbohong). Kulit kering memiliki ketahanan sekitar 1 juta ohm, sedangkan ketahanan kulit lembab berkurang dengan faktor sepuluh atau lebih.
Resistor R1 dan R2 membentuk pembagi tegangan. Mereka memiliki daya tahan dari 1 000 000 ohm (1 ohm mega) dan, karena nilai-nilai mereka sama, tegangan pada kabel probe atas adalah setengah dari tegangan baterai (sekitar 4,5 volt).
Seseorang memegang kabel probe akan mengubah tegangan pada kawat probe atas tergantung pada ketahanan kulit mereka. Perlawanan kulit secara paralel dengan R2 dan, karena kemungkinan untuk menjadi serupa dengan atau lebih kecil dari R2, tegangan pada kawat probe akan jatuh sebagai perlawanan kulit jatuh.
Capacitor C1 berfungsi sebagai menghilangkan pemulusan kapasitor dan induksi listrik 50Hz dengungan yang ditemukan pada tubuh seseorang.
TR1 dan R3 membentuk rangkaian penyangga (disebut emitor-follower). Tegangan pada emitor dari TR1 mengikuti tegangan pada kabel probe dan sekarang mampu mendorong TR2 transistor.
Transistor TR1 dan TR2 bertindak sebagai pembanding tegangan. Jika tegangan di dasar TR2 lebih tinggi daripada di dasar TR3 maka LED hijau (L1) akan datang. Jika sebaliknya adalah bohong maka LED merah (L2) akan menyala.
Untuk menguji Detektor Kebohongan memegang kabel probe. Sesuaikan VR1 sampai LED hijau hanya pada dan LED merah tak jauh. Ini adalah titik di mana tegangan di dasar TR2 hanya lebih besar dari pada dasar TR3 digunakan. Sekarang jari lembab untuk memegang probe. Hal ini akan menurunkan daya tahan kulit dan menyebabkan tegangan di dasar TR2 jatuh. Tegangan di dasar TR3 sekarang lebih besar dan LED merah akan menyala.




Cara Menggunakan Detektor Lie
Lie Pendeteksi membutuhan tuning sebelum dapat digunakan, dan perlu tuning untuk setiap orang yang menggunakannya sebagai setiap orang memiliki kulit yang sedikit berbeda.
Sentuh kabel probe dua melawan telapak tangan Anda (kering), seperti yang ujung logam adalah beberapa sentimeter terpisah (ujung logam tidak harus menyentuh satu sama lain). Atur kontrol tuning (VR1) sampai lampu merah (FALSE) hanya akan padam. Lie Pendeteksi sekarang disetel untuk kulit Anda. Jika Anda menjilat telapak tangan dan menyentuh kawat melawan lagi, lampu merah harus datang pada terang.
Anda sekarang harus memahami bagaimana menggunakan Lie Detector untuk mendeteksi kebohongan yang nyata. Sentuh kabel probe dua melawan telapak tangan subyek dan menyesuaikan kontrol tuning seperti sebelumnya sampai lampu merah hanya padam,. Bila subjek berbohong dan mulai berkeringat, lampu merah akan menyala.
Harus ditekankan bahwa Detektor Kebohongan tidak akan mendeteksi setiap berbohong, karena benar-benar hanya detektor keringat. Ini hanya mendeteksi kebohongan yang memiliki konsekuensi untuk diberitahu, kebohongan yang menyebabkan subjek untuk keringat (dengan ketakutan. Berpura-pura kebohongan 'lelucon' atau tidak akan memiliki efek apapun.
Lie Detector ini memiliki sejumlah kegunaan lain, rinci di bawah ini, dan mungkin bisa lebih tepat digambarkan sebagai 'Percobaan Mesin'.
  • Pengujian konduktivitas tubuh manusia. Dapatkan sekelompok orang untuk bergandengan tangan dalam sebuah lingkaran dengan dua probe dari Lie Detector sebagai bagian dari lingkaran Lihat berapa banyak tubuh saat ini akan mengalir melalui untuk membuat lampu LED merah.
  • Pengujian konduktivitas objek. Sebagai contoh, logam, plastik, kayu, rambut, jejak pensil. Jika material adalah konduktif kemudian menyentuh dua kawat penyelidikan terhadap hal itu akan membuat lampu LED merah.
  • Menentukan apakah houseplant perlu penyiraman. Sentuh kabel probe dua melawan tanah.  Jika tetap LED hijau menyala, tanaman memerlukan penyiraman. Jika LED merah menyala, tanah cukup lembab.
  • Menentukan apakah kue dimasak. Tekan kabel probe dua ke permukaan kue. Jika LED merah menyala maka kue masih basah dan kebutuhan memasak lebih lanjut.


ALAT DAN BAHAN :
·         R1,R2=1M
·         R3 = 10 k
·         R4 = 470
·         R5 = 47 k
·         VR1 = 47 k
·         TR1 , TR2 , TR3 =BC547
·         C1 = 10n F
·         LED
·         SOLDER
·         TIMAH
·         PCB














 SKEMA RANGKAIAN








 DAFTAR PUSTAKA

http://www.satsleuth.com/schematics.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...