Senin, 07 Januari 2013

PENGERTIAN MOTIVASI, EMOSI, INTUISI, PENGAMATAN, DAN IMAJINASI BERDASARKAN PARA AHLI


MOTIVASI
  1. Motivasi adalah kondisi psikologis yang menimbulkan, mengarahkan, dan mempertahankan tingkah laku tertentu (Pitrinch & Schunk, dalam Sukadji & Singgih-Salim, 2001).
  2. Winkel (1996) menyatakan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arahan pada kegiatan belajar itu demi mencapai tujuan.
  3. MenurutTerry (dalam Moekjizat, 1984) Motivasi adalah keinginan didalam diri individu yang mendorong individu untuk bertindak.
4.      Pengertian Motivasi  Menurut Chung dan Meggison adalah :
Motivasi merupakan prilaku yang ditujukan kepada sasaran, Motivasi berkaitan dengan tingkat usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam mengejar suatu tujuan.
5.      Menurut Robbins (2001:166) menyatakan definisi dari motivasi yaitu kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi beberapa kebutuhan individual.
6.      Berdasarkan pendapat di atas, maka motivasi adalah keinginan yang menimbulkan, mengarahkan, dan mendorong individu untuk bertindak atau berusaha dalam mencapai suatu tujuan.
Kata kunci :     keinginan, berusaha, mencapai tujuan.
Manfaat motivasi dalam pembelajaran adalah dengan adanya motivasi yang dimiliki siswa, maka akan tercipta suasana pembelajaran yang aktif dalam kelas yang diakibatkan karena motivasi siswa itu sendiri dalam mencapai target yang ditujunya.





EMOSI/PERASAAN
1.      Menurut Daniel Goleman (2002 : 411) emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak.
2.      Menurut Syamsuddin
Mengemukakan “emosi” merupakan suatu suasana yang kompleks dan getaran jiwa yang menyertai atau muncul sebelum atau sesudah terjadinya suatu perilaku.”
3.      Menurut Chaplin (1972) perasaan adalah keadaan atau state individu sebagai akibat dari persepsi sebagai akibat stimulus baik external maupun internal.
4.      Menurut Crow & Crow (Sunarti, 2001: 1) “emosi merupakan suatu keadaan yang bergejolak dalam diri individu yang berfungsi atau berperan sebagai inner adjustment terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan individu”.
  1. emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995).
  2. berdasarkan pendapat diatas, maka emosi adalah perasaan, keadaan maupun suasana dalam diri manusia yang muncul akibat terjadinya suatu perilaku, baik dari luar maupun dari dalam yang dapat mengganggu prilaku individu maupun tidak.

Kata kunci :     perasaan diri, keadaan diri, suasana diri, muncul akibat terjadinya suatu
             perilaku, menggangu perilaku ataupun tidak.

Manfaat emosi/perasaan dalam pembelajaran adalah dengan adanya emosi/perasaan dalam diri manusia, dalam hal ini siswa, maka emosi/perasaan berperan dalam menciptakan suasana belajar yang dapat sesuai dengan suasana hati tiap siswa. Guru yang dapat melihat emosi/perasaan siswa yang tidak baik dapat memberikan pengarahan dan sedikit hiburan atau lelucon untuk memperbaiki emosi/perasaan siswa.


INTUISI/BERPIKIR

  1. Lynn B Robinson dalam artikelnya ³Intuition in Business´ yang muncul di The Harbinger (Nov 17, 1998) mengatakan, salah satu definisi intuisi adalah tindakan atau pengetahuan yang tidak melalui proses rasionalisasi
  2. Gary Zukav, penulis The Dancing Wu Li Masters, An Overview of the New Physics dan Seats of Soul, mendefinisikan intuisi sebagai pedoman nonfisik yang mengarahkan kita untuk mencapai tujuan hidup kita.
  3. Intuisi didefinisikan sebagai suatu cara dalam menerjemahkan
pengalaman ke dalam sebuah tindakan. Pengalaman memungkinkan untuk mengenali apa yang sedang terjadi (membuat penilaian) dan bagaimana bertindak terhadap apa yang sedang terjadi (membuat keputusan) (Klien.2002)
psikolog Jung menyatakan bahwa intuisi adalah salah satu fungsi kognitif diantara tiga fungsi lainnya, yaitu: thinking, feeling, dan sensation (Henden.G, 2004)
  1. Dalam Zeev dan Star (2002), ahli matematika, Hadamard, menyatakan bahwa intuisi merupakan cara untuk memahami bukti dan konseptualisasi.
  2. Menurut Maslow intuisi sebagai pengalaman puncak (peak experience), sementara Nietzsche menyebutnya sebagai sumber ilmu yang paling tinggi. Namun, menurut Nietzsche intuisi sifatnya sangat personal dan tidak dapat ditransformasi kepada manusia lain.
  3. berdasarkan pendapat diatas, maka intuisi adalah cara untuk memahami atau menerjemahkan pengetahuan dan pengalaman sebagai pedoman yang mengarahkan kita dalam mengenali dan bertindak terhadap suatu keadaan.

kata kunci :      cara memahami atau menerjemahkan, pengetahuan dan pengalaman, pedoman, mengenali dan bertindak.

Manfaat dari intuisi dalam pembelajaran adalah dengan adanya intuisi maka siswa dapat mengenali dan bertindak terhadap keadaan dikelas akibat dari memahami pengalamannya yang didapat dikelas



IMAJINASI/FANTASI

  1. arti fantasi, menurut Webster's New World Dictionary (1986), sedikit banyak berkaitan dengan serangkaian citra atau gambaran, seperti yang muncul dalam lamunan, yang biasanya mengandung sejumlah hasrat yang tidak terpenuhi. Hal-hal yang muncul dalam fantasi tak ayal yang serba indah, serba cakap, serba kuat (ideal).
  2. imajinasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sebagai daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang; atau dapat juga diartikan sebagai khayalan.
  3. imajinasi adalah proses membangun kembali persepsi dari sesuatu objek.
  4. Imajinasi adalah anak dari pemikiran yang mengacu pada sebuah gambaran seseorang terhadap sesuatu atau sebuah benda ataupun keadaan yang di proyeksikan oleh hati dan otak, serta di pengaruhi oleh perasaan di waktu yang sama, yang terkadang berada diluar logika, imajinasi juga adalah sebuah proses pembangunan suasana tersendiri yang terjadi di alam bawah sadar akan suatu kondisi yang sesungguhnya di inginkan atau hanya sebagai pewarna alam bawah sadar itu sendiri. 
  5. Imajinasi yaitu membayangkan sesuatu, mengembangkan khayalan atau daya cipta.
  6. berdasarkan pendapat diatas, maka imajinasi adalah pemikiran yang membayangkan dan menggambarkan keadaan/kondisi maupun benda yang tercipta di alam bawah sadar kita terhadap sesuatu yang ideal yang diinginkan dan berada diluar logika.

Kata kuci:        pemikiran, mambayangkan, menggambarkan, alam bawah sadar, sesuatu yang ideal, yang diinginkan, diluar logika.

Manfaat imajinasi dalam pembelajaran adalah imajinasi dapat menimbulkan kreativitas dari siswa. Dalam pembelajaran berbasis proyek siswa dapat mengembangkan kreasinya seuai dengan keinginannya.


PENGAMATAN/MENYIMAK

  1. Pengamatan adalah cara pengenalan dunia oleh subjek didik melalui penglihatan, pendengaran, perabaan, pembauan dan pengecapan. Pengamatan merupakan gerbang masuknya pengaruh dari luar ke dalam individu subjek didik, dan karena itu pengamatan penting artinya bagi pembelajaran.
  2. Anderson (1972) dalam Guntur Tarigan (1986 : 19)
    Menyimak sebagai proses besar mendengarkan, mengenal, serta menginterprestasikan lambang-lambang lisan (Anderson, 1972 : 68)
  3. Russell & Russell, 1959; Anderson, 1972 dalam Guntur Tarigan (1986 : 19)
    Menyimak bermakna mendengarkan dengan penuh pemahaman dan perhatian serta apresiasi (Russell & Russell, 1959; Anderson, 1972 : 69)
  4. Guntur Tarigan (1985 : 19)
    Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interprestasi, untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.
  5. Djago Tarigan (1986)
    Menyimak dapat dikatakan mencakup mendengar, mendengarkan dan disertai usaha pemahaman. Pada peristiwa menyimak ada unsur kesengajaan, direncanakan dan disertai dengan penuh perhatian dan minat.
  6. berdasarkan pendapat diatas maka pengamatan adalah proses melihat, mendengar, mengenal, dan memahami untuk memperoleh informasi yang telah disampaikan oleh pembicara secara lisan.

Kata kunci :     melihat, mendengar, mengenal, memahami, informasi.
Manfaat pengamatan dalam pembelajaran adalah dengan pengamatan yang baik dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...