Senin, 07 Januari 2013

PENGERTIAN PERHATIAN DAN MINAT BERDASARKAN PARA AHLI


Minat
  1. menurut Tidjan (1976 :71) adalah gejala psikologis yang menunjukan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek sebab ada perasaan senang.

  1. menurut Drs. Dyimyati Mahmud (1982), Minat adalah sebagai sebab yaitu kekuatan pendorong yang memaksa seseorang menaruh perhatian pada orang situasi atau aktifitas tertentu dan bukan pada yang lain, atau minat sebagai akibat yaitu pengalaman efektif yang distimular oleh hadirnya seseorang atau sesuatu obyek, atau karena berpartisipasi dalam suatu aktifitas.

  1. Keinginan atau minat dan kemauan atau kehendak sangat memengaruhi corak perbuatan yang akan dilakukan seseorang. Minat/keinginan erat hubungannya dengan perhatian yang dimiliki. Karena perhatian mengarahkan timbulnya kehendak pada seseorang. Kehendak atau kemauan ini juga erat hubungannya dengan kondisi fisik seseorang misalnya dalam keadaan sakit, capai, lesu atau mungkin sebaliknya yakni sehat dan segar. Juga erat hubungannya dengan kondisi psikis seperti senang, tidak senang, tegang, bergairah dan seterusnya (Sobur, 2003:246).

  1. Menurut Crow & Crow (dalam Abror, 1993:112) minat adalah sesuatu yang berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun bisa berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.

  1. minat menurut Shaleh (2004:262) adalah suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang.

  1. Berdasarkan pendapat ahli di atas maka, minat adalah  kemauan terhadap perbuatan yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik dan menaruh perhatian pada orang, benda, kegiatan, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut sebab ada perasaan senang.

Kata kunci :   kemauan, merasa tertarik, timbul perasaan senang, menaruh perhatian,


Manfaat dari minat dalam pembelajaran adalah jika siswa memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran, maka siswa akan dengan mudah dapat menerima semua informasi atau ilmu dalam pembelajaran, dikarenakan perasaan senang saat mengikuti pembelajaran tersebut.










Perhatian
  1. Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju pada suatu objek (stern, 1950, P 653, dan Bigot 1950 hal 163).

  1. Menurut Mahfudh Salahudin (1991 : 136) "Perhatian adalah mengkonsentrasikan diri, mengerahkan aktivitas psikis pada satu titik sentral.

  1. Dakir (1986: 130) menyatakan bahwa "Perhatian adalah fungsi jiwa yang dikerahkan dalam pemusatannya kepada barang sesuatu baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar kita".

  1. menurut Kartini Kartono (1990: 111) "Perhatian itu merupakan reaksi umum dari organisasi dan kesadaran yang menyebabkan bertambahnya aktivitas, daya konsentrasi dan pembatasan kesadaran terhadap suatu objek."

  1. Menurut Wasty Soemanto (1990 : 32) perhatian dapat diartikan menjadi dua hal yaitu :
a. Perhatian adalah pemusatan tenaga atau kekuatan jiwa yang tertuju kepada suatu objek.
b. Perhatian adalah pendayagunaan kesadaran untuk menyertai suatu aktivitas.

  1. berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka perhatian adalah mengkonsentrasikan diri dan mengerahkan aktivitas psikis pada satu titik sentral sehingga meningkatan kesadaran fungsi jiwa yang menyebabkan bertambahnya aktivitas, daya konsentrasi yang tertuju pada suatu objek baik di dalam ataupun di luar kita


kata kunci :          mengkonsentrasikan diri, tertuju pada suatu objek.

Manfaat dari perhatian dalam pembelajaran adalah dengan adanya perhatian dari siswa dalam proses pembelajaran, maka siswa dapat berkonsentrasi dengan penuh terhadap pelajaran tanpa ada memikirkan hal lain, sehingga pelajaran akan lebih mudah untuk diingat dan diserap.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...